Simak 6 Tips Memasak Sehat Ini, Rasa Enak Gizinya Tidak Hilang

Memasak sebenarnya bukan perkara yang mudah, karena diperlukan teknik khusus untuk mempertahankan kandungan vitaminnya. Memasak sehat menjadi salah satu solusi terbaik agar dapat menikmati menu yang lezat dan gizi yang lengkap.

6 Cara Memasak Sehat untuk Menjaga Kesehatan

Kandungan gizi yang terdapat pada makanan merupakan salah satu hal yang penting bagi tubuh saat mengkonsumsinya. Hal ini juga yang menjadi salah satu pertimbangan dalam berbagai cara memasak sehat.

Agar kandungan gizi tersebut tidak hilang, namun rasa makanan tetap enak maka Anda dapat mengikuti cara memasak memasak berikut ini:

1.      Merebus

Rekomendasi yang pertama adalah dengan cara merebus, cara ini juga merupakan teknik memasak yang sudah lama. Memasak dengan merebut tidak membutuhkan bantuan minyak sehingga diklaim lebih sehat dibandingkan dengan cara yang lainnya.

Selain itu juga tidak membutuhkan banyak bumbu tambahan yang terkadang malah mengakibatkan makanan tidak sehat. Salah satu rekomendasi terlezat dari memasak dengan cara merebus adalah dengan membuat sup.

Karena kuah dihasilkan dari metode rebusan juga kaya akan rasa dan kandungan gizi dari makanan pun tidak hilang. Anda hanya perlu membubuhkan sedikit bumbu makanan instan sehat sehingga kuahnya semakin kaya akan rasa tanpa merusak gizinya.

2.      Mengukus

Selain merebus, masih ada cara memasak lain yang sehat dengan cita rasa yang kurang lebih sama dengan teknik merebus. Cara ini adalah dengan mengukus dalam panci yang khusus untuk mengukus sehingga terdapat saringan di dalamnya.

Sama seperti merebus, mengukus juga tidak memerlukan minyak, selain itu kematangan makanan juga lebih merata. Keuntungan yang paling penting dengan teknik ini adalah rasa dan nutrisi makanan juga hilang terutama pada sayuran.

3.      Memanggang

Teknik memasak berikutnya yang cukup sehat dan tetap menjaga gizi makanan tetap ada adalah dengan cara memanggang. Selain tidak membutuhkan minyak, kelebihan minyak yang ada dalam makanan akan keluar dengan sendirinya.

Keunggulan memasak sehat dengan cara memanggang ini adalah tidak membutuhkan banyak bumbu tambahan. Selain itu perangkat yang digunakan juga cenderung sedikit, sehingga tidak merepotkan saat sudah selesai memasak. Bahkan aroma makanan lebih wangi dan menggugah selera dengan tekstur yang lebih renyah.

4.      Memasak Dengan Panci Tekan

Selanjutnya adalah memasak dengan menggunakan panci tekan atau yang lebih populer dengan sebutan panci presto. Selain waktu yang dibutuhkan menjadi lebih singkat, memasak dengan panci ini juga tidak membuat rasa dan nutrisi makanan menjadi hilang.

5.      Menumis 

Meskipun tetap membutuhkan minyak, namun menumis hanya menggunakan sedikit minyak. Sehingga proses ini sangat meminimalisir kelebihan lemak dan kalori dari minyak. Selain itu waktunya juga hanya sebentar sehingga kandungan gizi tidak hilang akibat proses memasak.

6.      Menambahkan Bumbu Instan Sehat

Banyak orang yang senang dengan cita rasa dari bumbu instan yang ditambahkan ke dalam makanan. Sayangnya terkadang bumbu ini menyebabkan makanan tersebut menjadi tidak sehat. Namun Anda dapat mencoba salah satu produk bumbu instan sehat, Saripati Ayam.

Bumbu ini tersedia dalam bentuk padat dan juga cair yang praktis dan mudah digunakan. Selain memberikan citarasa yang lezat pada masakan Anda, juga membantu memelihara kesehatan tubuh. Produk ini juga sudah mendapatkan sertifikat halal serta terdaftar di BPOM.

Meskipun harganya cenderung lebih mahal dari produk yang umum ditemukan di pasaran, namun lebih dapat diandalkan dari sisi kesehatan. Bumbu instan ini selain aman, juga bebas lemak dan kolesterol yang menjadi momok masyarakat jaman sekarang.

Demikianlah beberapa memasak sehat yang dapat Anda coba untuk menjaga kesehatan tubuh setiap hari. Ibarat sebuah rumah, tanpa perawatan yang cermat dan berhati-hati dapat ambruk dan rusak, demikian juga dengan tubuh manusia.

Script: